Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul PJJ Matematika Kelas 8 SMP/MTs Semester Genap

Memasuki semester genap tahun ajaran 2020/2021 Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Indonesia. merilis serangkaian modul yang dapat dimanfaatkan oleh para guru dan murid sebagai materi ajar selama PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).

Modul semester genap yang tersedia saat ini sudah lengkap untuk sembilan mata pelajaran seperti Modul PJJ Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS, Matematika, PJOK, PPKn, Prakarya Budidaya, Prakarya Pengolahan, Prakarya Rekayasa, Seni Musik, Seni Teater, Seni Rupa, Seni Tari, dan Prakarya Kerajinan.

Seperti modul sebelumnya, modul semester genap ini tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh siswa, namun juga oleh guru. Di dalamnya terdapat pula penjabaran terkait peran guru dan orang tua untuk setiap bahasan. Setiap bab pembahasan, terdiri dari tujuan pembelajaran, peran guru dan orang tua, aktivitas pembelajaran, latihan, rangkuman, refleksi, evaluasi, kunci jawaban, serta pedoman penilaian.

Modul PJJ semester genap ini, disusun lebih ringkas, dengan jumlah bab yang relatif lebih sedikit dibandingkan buku mata pelajaran utama karena hanya memuat materi yang sesuai dengan KD (Kompetensi Dasar) yang dianggap esensial untuk diajarkan dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Secara visual, modul PJJ terbitan Direktorat SMP ini juga dilengkapi dengan visualisasi gambar yang menarik sehingga tidak hanya saja informatif namun juga menarik.

DOWNLOAD MODUL PJJ MATEMATIKA 8 SMP-MTs SEMESTER GENAP

modul pjj matematika kelas 8 smp semester genap

Modul Matematika ini merupakan bahan ajar berseri yang dirancang bagi peserta didik untuk digunakan dalam belajar mandiri. Modul ini akan membantu dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik untuk mencapai kompetensi yang dituju secara mandiri.

Sebagai bahan ajar, unsur-unsur pokok modul ini terdiri atas (a) tujuan pembelajaran, (b) aktivitas pembelajaran, dan (c) evaluasi. Tujuan pembelajaran menjadi sasaran penguasaan kompetensi yang dituju dalam belajar. Aktivitas pembelajaran berupa aktivitas-aktivitas yang peserta didik akan lakukan agar memperoleh pengalaman-pengalaman belajar yang bermakna dalam mencapai tujuan pembelajaran. Evaluasi ialah proses penentuan kesesuaian antara proses dan hasil belajar dengan tujuan pembelajaran. Dalam hal ini, evaluasi bertujuan untuk memberikan latihan sekaligus mengukur tingkat ketercapaian kompetensi yang peserta didik peroleh sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan pada bagian awal modul.

Modul ini menggunakan pendekatan belajar tuntas. Dalam hal ini peserta didik harus mencapai tingkat ketuntasan kompetensi tertentu sebelum peserta didik melanjutkan untuk pencapaian kompetensi selanjutnya pada modul berikutnya.

Belajar mandiri ialah proses belajar aktif yang peserta didik akan lakukan dengan menggunakan modul ini. Dalam belajar aktif tersebut dibutuhkan dorongan niat atau motif peserta didik untuk menguasai kompetensi yang telah ditetapkan pada bagian awal modul. Sasaran utama dalam belajar mandiri tersebut ialah peserta didik dapat memperoleh kompetensi yang telah ditetapkan serta memperoleh kemandirian dalam belajar.

Aktivitas pembelajaran dalam modul ini berpusat pada diri peserta didik, bukan pada guru maupun materi ajar. Artinya, Ananda merupakan subjek yang aktif dan bertanggung jawab dalam pembelajaran Ananda sendiri sesuai dengan kecepatan belajar Ananda.

Strategi pembelajaran dalam modul ini memfasilitasi pengalaman belajar bermakna. Selain memperoleh kompetensi utama, yaitu kompetensi yang ditetapkan pada tujuan pembelajaran, peserta didik juga akan memperoleh pengalaman belajar terkait dengan pengembangan karakter, literasi, berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi efektif.

Modul ini juga dapat digunakan oleh orang tua peserta didik secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar peserta didik di rumah. Dukungan orang tua sangat diharapkan agar peserta didik benar-benar memiliki kebiasaan belajar yang mandiri dan bertanggungjawab. Orang tua juga diharapkan menyediakan diri untuk berdiskusi dan terlibat dalam aktivitas belajar jika Ananda membutuhkannya.

Aktivitas-aktivitas belajar peserta didik  dalam modul ini ini sedapat mungkin memaksimalkan potensi semua sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar Ananda. Amatilah dan manfaatkanlah.

Download Modul PJJ Matematika Kelas 8 SMP - MTs Semester Genap (KLIK DISINI) atau klik link di bawah ini

Demikianlah Modul PJJ Matematika Kelas 8 SMP - MTs Semester Genap yang dapat kami bagikan, besar harapan kami semoga dapat membantu rekan-rekan guru dan siswa dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. 

Posting Komentar untuk "Modul PJJ Matematika Kelas 8 SMP/MTs Semester Genap"